Kamis, 08 November 2012

Tips Mengatasi Gugup Saat Pidato

Pidato (Speech) Tidak sedikit orang yang merasa gugup disaat harus berbicara didepan umum, begitu juga dengan saya :)
Saya percaya bahwa ada satu hal yang paling utama, yaitu menimbulkan rasa percaya diri kita dengan menghindari hal-hal yang akan membuat kita menjadi gugup. Tepuk tangan, teriakan dan tertawanya orang ada dihadapan kita sering kali membuyarkan konsentrasi kita, jadi memang tidaklah salah kalau seseorang akan memuji orang yang berceramah atau berpidato tanpa membawa konsep tapi mereka bisa berbicara secara spontan tapi teralur.

Kecepatan bicara atau talking speed bukanlah satu-satunya cara kita untuk menghilangkan perasaan ragu atau gugup kita. justru tidak sedikit orang yang malah menjadi salah dalam pengucapannya dikarenakan terlalu cepat dalam penyampainya.
Hal yang paling baik yang harus kita perhatikan adalah, bagaimana persiapan kita sebelum berceramah atau berpidato didepan orang banyak.

Salah satu tips yang paling banyak orang lakukan sebelum berpidato atau berceramah adalah dengan tampil didepan cermin, banyak orang beranggapan bahwa dengan tampil didepan cermin dan menonton diri sendiri dapat mengurangi permasalahan umum yang sering menimpa kita disaat sedang tampil didepan orang banyak, yaitu "menjadi gugup".

Ada juga yang berpendapat, kita jangan menatap mata langsung kepada audien, dan bila itu terjadi... maka kita harus dengan cepat menenangkannya dengan mengalihkan tatapan kita kearah lain, misalnya lantai atau tengadah (untuk sesaat).

Hal yang paling harus diingat adalah "salah" bila kita punya prinsip bahwa menghapal kata demi kata dalam mempersiapkan pidato atau ceramah kita akan membuat kita "tenang", justru itu akan membuat kita semakin gugup bila ditengah - tengah ceramah atau pidato kita, tiba - tiba kita lupa dengan apa yang sudah kita hapalkan, hehehe

Apa ada yang punya tips atau saran lain dalam mempersiapkan diri sebelum kita berbicara didepan orang banyak agar supaya kita tidak menjadi gugup??

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar